KETIKA GAMBAR BICARA (MENGUNGKAP MAKNA)


Hari ini saya baru saja mengganti design blog saya. Masih belum sempurna memang. Tapi hasrat untuk kembali menulis sudah menggelora hehe..
Saya hanya ingin mengungkapkan apa makna dibalik gambar-gambar yang saya buat untuk dijadikan design blog ini, ataupun gambar yang saya buat untuk profil picture facebook.
Pertama saya akan membahas pesan tersirat dari header blog ini. gambar seorang anak menunjuk awan berbentuk 'heart' kamudian ada tulisan yang muncul silih berganti. Jika tulisan itu dimunculkan sekaligus seperti inilah gambar aslinya

Tulisan itu adalah kutipan dari lirik lagu When The Children Cry yang dibawakan oleh White Lion. Salah satu lagu favorit saya karena liriknya yang menanamkan harapan dan keoptimisan terhadap anak-anak untuk menciptakan perdamaian di masa depan. masih 'bersih'nya hati dan fikiran mereka harus dijaga agar tidak dipoles oleh tangan-tangan kotor. Lantas bagaimana dengan tulisan blog yang ada di dalamnya? ah itu cuma biar nama blog ini lebih dikenal aja :D

Kemudian icon merah putih yang ada di samping link, dan gambar seorang pria membawa bendera palestina juga bukan sesuatu yang 'asal tempel'. Icon merah putih menunjukkan bahwa saya adalah seorang Indonesian. Tapi nasionalisme harus di nomer duakan ketika ada saudara seiman yang sedang mengalami penindasan.Bahkan Allah lah yang langsung memberi perintah kepada kita.
“Jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, Maka kamu wajib memberikan pertolongan.” (QS. Al-Anfal: 72).

Lalu bagamana dengan warna-warna yang dipilih? Itu semua ga ada arti apa-apa selain cocok-cocokkan. Apalagi yang pink. Itu warna yang belum bisa saya ganti dikarenakan saya belum menemukan di mana kode yang membuat munculnya warna itu. Tapi karena keliatannya cocok jadi tidak saya ganti.

Selesai membahas blog, saya akan membahas pesan tersirat dari profil picture fb. Pertama kali saya menggunakan foto ini

Foto ini mengandung pesan insinuatif untuk mereka yang ramah di depan tapi buas di belakang, alias bermuka banyak. Maka dari itu ada tulisan random face di mukanya tanpa ada bentuk wajah. Hanya datar. Dan sejujurnya foto ini saya dapatkan dari avatar salah satu kaskuser tanpa izin pemiliknya. hehe (kalo agan baca ini maap yak. nanti ane kasih sendol dh kalo udah iso. doain aja cepet iso :Peace: )

Foto kedua lagi-lagi berisi sindiran

Kali ini saya menyindir mereka yang berlagak polos. Karena dalam perspektif saya kepolosan beda tipis dengan ketololan (hehe maap kalo terlalu kasar). Lagi-lagi saya memajang foto wajah datar, namun kali ini diberi cap 'innocence'. Mereka yang polos dan mereka yang tidak tahu sama-sama melakukan sesuatu tanpa tahu alasannya. Hanya ikut-ikutan. Tidak dapat membedakan mana yang baik, dan mana yang buruk. Wajah tanpa bentuk melambangkan ketiadaan usaha mereka untuk menjaga muka (baca: harga diri)nya.

Kemudian yang terakhir, yang masih terpajang saat ini,yang baru tadi pagi selesai dibuat.

Gambar ini mengandung seruan, ajakan, cenderung provokatif (nggak juga sih..). Jika gambar ini dapat bicara, dia akan berkata:
"Ayo, keluarkan suaramu. Sampaikan pendapatmu. Tunjukkan jati dirimu. Jangan jadi manusia 'samar', karena itu akan membuatmu menjadi manusia yang tidak berarti. Sama sekali tak berarti, karena kau hanyalah abu-abu"

2 komentar:

  1. kepolosan beda tipis dengan ketololan

    setuju bgt gw nih... btw kayaknya lo nyindir seseorang yg kayaknya lagi gw tau...

    terutama dengan PP kedua lo itu...

    :santai

    BalasHapus
  2. haha
    mungkin lo tau dan gw rasa tebakan lo bener gan :malu

    BalasHapus

silahkan dikomentari dengan bijak