SURAT UNTUK WANITA SHALIH

Bukan maksud menggurui. Ana hanya ingin menyampaikan beberapa pesan Rasulullah untuk kaum wanita.

Rasulullah saw. bersabda:

"Dunia dan seluruhnya adalah harta dan harta dunia yang paling baik adalah wanita shalihah."
[H.R. Muslim]

"Tiada anugerah dari dunia ini (melebihi) wanita (shalihah)."
[H.R. An-Nasa'i]

"Dicintakan kepadaku dari dunia tiga hal; wanita, minyak wangi, dan penyejuk mataku berada dalam shalat."
[H.R. An-Nasa'i]

"Allah telah mentakdirkan perasaan 'cemburu' pada wanita dan 'jihad' kepada lelaki. Barangsiapa diantara mereka (wanita) mempunyai sifat sabar karena iman dan hanya mengharapkan pahala, maka baginya pahala mati syahid."
[H.R. Thabrani]

"Wanita diciptakan dengan penuh kelemahan dan (berupa) aurat, maka tutupilah aurat mereka dengan (berada) di rumah-rumah dan atasilah kelemahan mereka dengan diam."
[H.R. Ad-Dailamy]

"Wanita mempunyai tiga kategori, (yang pertama) seperti wadah yang di bawah dan di letakkan; (yang kedua), seperti unta yang berkudis; dan (yang ketiga), adalah penyayang dan banyak anak, dia menolong suaminya atas agamanya. Wanita ini lebih baik bagi suami daripada gudang harta."
[H.R. Al-Baihaqi]

"Perumpamaan wanita yang shalihah di sisi laki-laki yang shalih adalah seperti mahkota yang dihiasi dengan emas di atas kepala seorang raja. Dan perumpamaan wanita yang jelek di sisi laki-laki yang shalih adalah seperti beban yang sangat berat di atas laki-laki yang sudah tua."
[H.R. Ibnu Abi Syaibah]

"Wanita adalah aurat; jika ia keluar (rumah), maka syetan akan membuntutinya."
[H.R. Tirmidzi]

"Kemaksiatan seorang wanita yang ahli maksiat adalah seperti kemaksiatan 1000 laki-laki ahli maksiat dan kebaikannya seorang wanita seperti amalannya 70 shiddiq."
[H.R. Abu Syaikh]

"'Setiap mata (bisa jadi) berzina. Dan seorang wanita jika lewat dalam satu majelis dengan memakai parfum (wewangian), maka ia begini dan begini, yakni ia berzina."
[H.R. Tirmidzi]

"Barangsiapa diberi istri yang shalihah, maka Allah telah membantu dia separuh agamanya. Dengan demikian, dia supaya takut kepada Allah dalam separuh yang sisa."
[H.R. Hakim]

"Istri yang taat adalah penolong bagi agama suaminya."
[H.R. Ad-Dailamy]

"Jika seorang istri berkata kepada suaminya, 'Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan!', maka Allah akan mengampuni dia dan suaminya. Dan jika ia marah kepada suaminya, walaupun sedikit, maka Allah akan menghapus amalan ia dan mengampuni suaminya."
[H.R. Ad-Dailamy]

"Apabila seorang suami memandang istrinya dan sang istri berbalik memandangnya, maka Allah akan memandang keduanya dengan pandangan kasih sayang. Dan jika suami memegang jari-jarinya, maka dosa keduanya akan gugur dari celah jari-jarinya."
[H.R. Rafi'i]

"Seorang mukmin tidak diberi anugerah yang lebih baik setelah taqwa kepada Allah, melainkan istri yang shalihah. Jika dia memerintahkannya maka dia (istri) mentaatinya; dan jika ia memandangnya, maka dia (istri) akan menyenangkannya; dan jika ia bersumpah (atas nama Allah), dia akan melaksanakannya; dan jika ia tidak di sisinya, maka dia (istri) menjaga kehormatan dan harta suaminya."
[H.R. Ibnu Majah]

"Tidakkah aku beritahukan kepada kalian mengenai laki-laki ahli-ahli surga; nabi adalah di surga, siddiq adalah di surga, orang yang mati syahid di surga, seorang laki-laki yang menziarahi saudaranya di sudut kota karena Allah adalah di surga, dan wanita ahli surga adalah wanita yang mempunyai banyak anak dan mencintai (suami dan anak-anaknya). Jika suaminya marah atau dia sendiri marah, maka ia akan meletakkan tangannya di atas telapak tangan suaminya sambil berkata, 'Aku tidak akan tidur sehingga engkau ridho.' "
[H.R. Nasa'i]

"Allah merahmati perempuan-perempuan Muhajirat pertama dengan sebab diturunkannya ayat 31 Surat An-Nur 'Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya.' (Setelah turun ayat ini) mereka merobek pakaian bulunya yang tebal dan menutupkan ke dadanya."
[H.R. Bukhari dan Abu Dawud]

"Dari Ummu Salamah, ketika turun ayat 59 Surat Al-Ahzab 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya.' Wanita-wanita Anshar keluar dengan kepala tertutup pakaian hitam."
[H.R. Abu Dawud]

"Dari Aisyah Radhiyallahu 'Anha: "Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar, perasaan malu tidak mencegahnya untuk belajar agama."
[H.R. Muslim]

"Laki-laki tidak boleh melihat aurat laki-laki dan perempuan tidak boleh melihat 'aurat perempuan lain. Dan laki-laki dilarang bertelanjang bersama laki-laki dalam satu kain dan perempuan dengan perempuan dalam satu kain."
[H.R. Muslim dan Tirmidzi]

"Dari Bahz bin Hakim dari bapaknya dari kakeknya, 'Aku berkata, 'Ya Rasulullah saw. aurat kami, kepada siapa boleh dibuka dan (harus) disembunyikan.' Berkata Rasulullah, 'Jagalah auratmu kecuali terhadap istrimu atau hamba sahaya yang kamu miliki.' Aku berkata, 'Bagaimana kalau laki-laki sama laki-laki?' Ia berkata, 'Jika kamu sanggup, janganlah kamu melihatnya.' Aku berkata, 'Bagaimana kalau sendirian?' Jawab Rasulullah, 'Allah lebih berhak kamu malui daripada manusia'."
[H.R. Abu Dawud dan Nasa'i]

0 komentar:

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear

Posting Komentar

silahkan dikomentari dengan bijak